Bad Cops, Good Cops #EnglishGames01

Salah satu cara mengajar Bahasa Inggris yang menyenangkan adalah salah satunya dengan menggunakan games. Sebenarnya banyak sekali games mengajar Bahasa Inggris yang sudah dijabarkan bahkan diteliti mengenai efektifitasnya. Games ini tidak harus berdasarkan teori, seorang guru maupun dosen bisa dengan mudah memodifikasi kegiatan pembelajaran sehingga berbentuk sebuah permainan. Berikut penulis mencoba memodifikasi kegiatan di kelas sehingga seperti permainan. 

Permainan ini penulis sebut sebagai Bad Cops, Good Cops. Penulis terinspirasi dari cara investigasi polisi yang memadukan polisi baik hati dan polisi galak saat mereka menginterogasi tersangka untuk memperoleh informasi. Permainan ini penulis gunakan saat mengajarkan 5W1H questions & Yes/No Questions. Permainan cukup menyenangkan karena memaksa seluruh siswa untuk memproduksi kalimat tanya untuk mendapatkan informasi dari salah satu siswa yang ditunjuk sebagai tersangka. Selain itu, siswa juga bisa berakting sebagai orang yang baik atau galak/jahat saat bertanya. Oleh karenanya secara tidak langsung kita juga mengajarkan polite and impolite language. 

Permainan ini baik digunakan bagi siswa yang berada di level intermediate, atau kira-kira SMP.  Hal ini dikarenakan, siswa sudah menguasai banyak kosakata dalam membuat kalimat maupun menjawab pertanyaan siswa lainnya. Permainan ini agak susah dilakukan pada kelas yang besar karena kita perlu satu orang sebagai tersangka yang ditanyai oleh semua siswa lainnya. Kira-kira maksimal 15 siswa dalam satu kelas, supaya giliran bertanya dapat merata dibagikan kepada semua siswa. 

Sebagai guru kita cuma perlu menyiapkan kata-kata yang digunakan sebagai kata-kata rahasia yang harus dipecahkan oleh para polisi. Kata-kata tersebut hanya diperlihatkan kepada siswa yang memerankan sebagai tersangka. Pemilihan kata-kata tersebut juga harus diperhatikan level kesulitannya, supaya tidak terlalu mudah ditebak namun juga tidak terlalu membuat para siswa lainnya frustasi menjawab. 

Berikut langkah langkahnya:

  1. Tunjuk/minta seorang siswa menjadi tersangka dan duduk diatas "kursi panas". 
  2. Guru memberitahu kata rahasia kepada tersangka tersebut.
  3. Kemudian guru memberikan perintah 'bad cops' atau 'good cops'. Jika guru mengatakan 'bad cops' maka siswa lainnya harus bertanya dengan perangai marah, galak, tidak sopan supaya tersangka mau memberikan petunjuk mengetahui kata rahasia tersebut. Jika guru mengatakan 'good cops' maka siswa harus bertanya dengan sopan, baik dan tidak mengintimidasi saat bertanya ke tersangka.
  4. Kemudian siswa bisa bergantian bertanya mengennai kata rahasia yang dibawa oleh tersangka. Pertanyaannya tidak boleh langsung menanyakan apa kata rahasia tersebut. Beberapa contoh pertnyaannya bisa seperti: "Where can we find this?", "Who is able to do this?", "Is it a kind of animal?", etc. Tersangka juga tidak boleh mengatakan kata rahasia tersebut.
  5. Setelah semua siswa dapat giliran mengajukan pertanyaan kemudian, semua siswa harus menebak apa kata rahasia tersebut. 
  6. Jika yang benar menjawab maka akan mendapat reward. Yang paling banyak mendapatkan reward maka akan menjadi pemenangnya.

Demikian, salah satu permainan yang bisa dilakukan untuk membuat proses belajar mengajar bisa lebih menyenangkan. 

By:
Pande Agus



Komentar

Postingan populer dari blog ini

tri hita karana dalam pendidikan di bali

Susahnya Jadi Dosen